LOGO PUSKESMAS LABUAPI
Beranda > Berita > Kegiatan Home Visit Pasien Tbc Bersama Tim Dikes Lobar
Informasi Kesehatan

Kegiatan Home Visit pasien TBC bersama Tim Dikes Lobar

Posting oleh puskesmaslabuapilobar - 25 Juli 2023 - Dilihat 292 kali

Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman mycobactrium tuberculosis. Tuberkulosis menjadi masalah kesehatan  karena angka kesakitan dan kematian akibat Tuberkulosis 75%-nya terjadi pada golongan usia produktif kerja, yaitu kelompok usia 15-49 tahun. .

Dewasa ini TB dapat disembuhkan dengan baik. Masalahnya obat untuk TB harus dimakan sedikitnya enam bulan. Biasanya setelah makan obat selama dua bulan, maka keluhan pasien akan hilang, dan penderita malas makan obat lagi. Kalau pengobatan berhenti di tengah jalan, maka bukan saja penyakitnya tidak sembuh, tetapi juga obat yang ada akan jadi tidak ampuh lagi.

Mengingat hal tersebut, pemantauan kepada pasien TB harus selalu dilakukan. Salah satu cara memantaunya adalah dengan melakukan kunjungan rumah pasien TB seperti yang telah dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Labuapi bersama tim dari Dinas Kesehatan Lombok Barat. Pada saat kunjungan dilakukan pemeriksaan terhadap penderita, memastikan apakah rutin mengkonsumsi obat sesuai anjuran dan memberi  penyuluhan kepada keluarga. sehingga diharapkan pasien akan berobat sampai selesai dan dapat mencegah penularan kepada keluarga.

#promkeskemenkesri
#promkeslabuapi
#promkes #dikeslobar #dikes #dikesntb #kemenkes_ri


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *